PMI Sumut Kerahkan Tim Kesehatan Keliling

Warga sekitar Gunung Sinabung berada di posko pengungsian
Sumber :
  • ANTARA/Kiki Cahyadi

VIVAnews – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Utara mengerahkan tim layanan kesehatan keliling untuk mendatangi warga yang mengungsi akibat meningkatnya aktivitas Gunung Sinabung.

“Ditergetkan, selama sembilan hari ke depan kami akan melaksanakan layanan kesehatan keliling ke beberapa lokasi pengungsian,” kata Kepala Markas PMI Provinsi Sumatera Utara, Ridha Yuanita Sutomo, di markas PMI Provinsi Sumatera Utara, Selasa, 31 Agustus 2010.

Ridha menambahkan PMI tingkat provinsi telah berkoordinasi dengan unit layanan ambulans PMI tingkat Kota Medan, Langkat, dan Siantar.

Ia menyampaikan hari ini layanan kesehatan keliling telah menjangkau dua titik lokasi pengungsian di Kabanjahe. Tim hari pertama, terdiri dari 1 unit ambulans, 1 orang dokter, 1 orang perawat, dan 3 orang tim ambulans PMI.

Sementara itu, berdasarkan laporan dari Posko PMI di Jalan Jamin Ginting, Kabupaten Karo, banyak warga pengungsi yang datang posko PMI untuk minta masker atau bantuan tim medis. Sebab, lanjut Ridha, mereka sudah mengalami gangguan kesehatan, seperti demam, flu, dan ISPA.

Seperti diketahui Gunung Sinabung terus menerus aktif dan hingga tadi pagi masih terdengar suara gemuruh. Debu vulkanik pun masih keluar dari perut gunung. Sedikitnya, 30 ribu warga mengungsi. (sj)

Laporan PRB | Karo | Sumatera Utara

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024