Obama Dukung Peningkatan Pendidikan Indonesia

Dubes AS Scot Marciel (tengah) bersama para pelajar Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews / Renne Kawilarang

VIVAnews - Duta Besar Amerikat Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel, meresmikan American Corner di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kamis 16 Februari 2012. American Corner ini merupakan yang pertama berdiri di Pulau Kalimantan.

"American Corner ini akan menjadi tempat orang belajar lebih banyak mengenai Amerika Seikat. Tentunya ini akan menjadi tempat kerja sama antar universitas. Kami juga mempunyai momitmen besar di seluruh Indonesia soal pendidikan, termasuk Kalimantan Barat.  Ini menjadi priotas kami," kata Marciel di Universitas Tanjungpura Pontianak.

Menurut Marciel, AS sangat mengharapkan program pertukaran pelajar antar negara. "Kami membuka diri siapa yang mau belajar di AS untuk masyarakat Kalbar. Universitas ini juga sudah menjalin kemitraan dengan Amerika Serikat," katanya. Bahkan, lanjut Marciel, Presiden Barack Obama berpesan agar warga AS selalu mendukung Indonesia untuk peningkatan pendidikan.
 
Marciel dan rombongannya tiba di Universitas Tanjungpura sekitar pukul 09.30 WIB. Para rombongan itu disambut dengan tarian tiga etnis. Setelah acara peresmian itu, Marciel mengunjugi Tugu Khatulitiwa yang terletak di Kecamatan Pontianak Utara.

Sementara itu, Rektor Universitas Tanjungpura, Thamrin Usman, menyambut baik dibukanya American Corner ini. Untan sudah banyak mengirimkan dosen untuk belajar ke AS.

"Mahasiswa Untan yang akan berangkat ke Amerika ada satu orang, yakni Ayu Lestari dari Fakultas Kedokteran. Dia akan berangkat dalam waktu dekat ini. Sudah sering dosen Untan belajar di AS. Tentunya dengan kehadiran Dubes AS ini kita lebih banyak belajar sungguh-sunngguh," ujar Thamrin.

American Corner di Untan  Pontianak ini dilengkapi berbagai sarana penunjang yang sangat mendukung yakni , komputer layar datar + internet gratis, majalah-majalah, buku-buku. Di layar monitor  komputer itu muncul informasi tentang Amerika Serikat, terutama soal pendidikan tentunya.

Letak American Corner ini satu bangunan dengan perpustakaan Untan sebelumnya. Masuk kedalam ruangan inipun serasa berada di negeri  Paman Sam. Tempat ini juga menyediakan beragam  referensi untuk guru, dosen, pelajar dan mahasiswa hendak melanjutkan studi di sejumlah perguruan tinggi  Amerika Serikat, baik itu dengan biaya sendiri maupun beasiswa. (ren)

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Diskusi Dengan Wakonsul Amerika

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

 Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menerima kunjungan Wakil Konsul bagian Ekonomi dan Politik untuk Konsulat Amerika di Sumatera, Suraj Mungara, Kamis

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024