Jamin Keselamatan Penerbangan, Kemenhub Cek Kesehatan Pilot

Sejumlah pilot senior maskapai Garuda Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki
VIVAnews
Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension
- Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap kesehatan pilot sejumlah maskapai penerbangan, di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Minggu 4 Agustus 2013. Dalam pemeriksaan tersebut, tim kesehatan tidak menemukan satu pun pilot yang bermasalah.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

"Jumlah personel penerbangan yang diperiksa urine dan menjalani tes narkoba, 22 pilot, dan 69
Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus
cabin crew . Semuanya negatif dan layak terbang," kata Kepala Balai Kesehatan Penerbangan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Thamrin Abudi di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.


Thamrin menuturkan seluruh awak penerbangan wajib menjalani tes kesehatan. Bagi mereka yang tidak lolos, tidak akan mendapat izin terbang.


"Harus, mereka
nggak
bisa terbang tanpa pemeriksaan kesehatan sebelumnya," ujarnya.


Thamrin melanjutkan sejauh ini problem yang ditemukan seputar kesehatan pilot adalah masalah kolesterol, asam urat, dan darah tinggi. Menurut catatannya, setiap 100 orang yang diperiksa, rata-rata terdapat sekitar 10 orang yang bermasalah.


"Itu kami perbaiki terlebih dahulu. Baru sesudah normal, boleh terbang kembali," tuturnya.


Thamrin menambahkan untuk hari ini, atau H-4 jelang hari raya Idul Fitri tahun 2013 ini, pilot dan awak kabin yang diperiksa berasal dari 5 maskapai penerbangan, yaitu Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Citilink, dan Mandala. Dalam kegiatan ini, turut hadir sejumlah pejabat Kemenhub termasuk Wamenhub Bambang Susantono beserta jajarannya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya