Jadi Pembicara Kunci, Jokowi Malah Berkokok...

Jokowi pidato di depan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodiq
VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi diundang sebagai keynote speaker dalam peluncuran buku pengamat politik dari peneliti Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) di sebuah hotel kawasan Kuningan Jakarta Selatan, Rabu 12 Februari 2014.
Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Dalam peluncuran buku berjudul "Memompa Ban Kempis" itu, Jokowi yang dijadwalkan berbicara dalam pembukaan itu pukul 10.00 pagi, namun bekas Walikota Solo itu telat dan baru hadir saat penutupan pukul 12.00 siang.
Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Dipenghujung acara, Jokowi tiba dan langsung disambut antusias oleh tuan rumah Sukardi dan peserta diskusi yang hadir. Penulis buku tersebut langsung nyeletuk, Jokowi ibarat ayam jantan yang sejak pagi sudah berkokok membangunkan warga DKI Jakarta.
Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal

"Ayam jantan itu pagi sudah berkokok, membangunkan masyarakat untuk bekerja. Seperti Pak Jokowi ini, membangunkan warga untuk bekerja membangun Jakarta bersama-sama," kata Sukardi menyambut kedatangan sosok yang gemar blusukan itu.

Penyanyi tradisional asal Solo, Endah Laras yang berada di atas panggung bersama Sukardi, langsung melantunkan lagu keroncong yang meminta Jokowi untuk berkokok. Dengan sikap spontan, Jokowi langsung menyahut dengan berkokok seperti ayam jantan dipagi hari menggunakan pengeras suara.

"Kukuruyuk.....," sahut Jokowi yang disambut tawa seluruh isi ruangan tersebut.

Kemudian, Jokowi yang ditunggu-tunggu kehadirannya itu, diminta untuk naik ke atas panggung untuk menyampaikan sambutan penutup. Dalam sambutan penutup itu, Jokowi tidak membicarakan perihal politik maupun bangsa sesuai topik acara, namun ia hanya naik ke panggung dan mengatakan satu patah kata, yakni terima kasih.

"Tadi saya sudah berkokok paling keras, itu saja cukup, terima kasih," kata Jokowi kemudian kembali ke tempat duduknya di kursi paling depan jajaran tokoh-tokoh.

Dalam acara yang juga memperingati HUT Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) ke-13 dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional, budayawan dan politikus. Di antaranya, GKR Hemas. Wakil Ketua DPD RI (Istri Sri Sultan HB X, Raja Yogyakarta); Harry Tjan Silalahi, pendiri Lembaga CSIS; sejumlah anggota DPR dan lainnya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya