TUTUP
TUTUP
WAWANCARA
ANALISIS
Jakarta Butuh Pemimpin yang Tidak Labil
Anies optimistis, namun Tuhan yang tentukan takdir di Pilkada DKI.

Jakarta dikenal kota yang kriminalitasnya tinggi seperti kasus penyanderaan ibu dan anak di angkot, Anda melihat hal ini bagaimana?

Coba saya tanya kenapa Anda tanya soal perampokan. Karena terjadi peristiwa sensasional dua tiga hari yang lalu kan. Tugas gubernur itu enggak nunggu peristiwa sensasional. Tugas gubernur itu adalah melihat angka statistik.
Bayangkan, 40 persen lebih anak putus sekolah, ayo kira-kira kerjaannya apa itu. Ya nganggur lah. Dari pengangguran itu konsekuensinya apa, sulit hidup sulit makan. Lalu potensi yang muncul apa kalau gitu, pasti ada sekian persen dari mereka yang melakukan tindakan kriminal, sudah jelas. Jadi seorang gubernur tidak usah menunggu peristiwa sensasional untuk mengatakan bahwa pengangguran harus dibereskan.

Perlu perencanaan program dalam mengatasi masalah ini?
 
Penegakan hukum harus dilakukan. Kalau kita ini warga negara biasa, media, pengamat, ada peristiwa baru kita analisa. Tapi, tugas seorang gubernur merencanakan pembangunan. Dia lihat datanya, lalu dia siapkan programnya. Itu yang kita siapkan. Karena itu kenapa kita bikin program Ok Oce supaya kewirausahaan tumbuh. Siapa yang bekerja, siapa saja bisa, putus sekolah aja bisa dilatih.

Di Jakarta ini lebih 500 ribu orang itu masuk dalam pengangguran terbuka. Pengangguran terbuka kita sekitar 500 ribu. Selama mereka tidak dipikirkan oleh gubernurnya untuk mendapatkan pekerjaan, tinggal tunggu peristiwa-peristiwa sensasional itu muncul. Jadi kita tidak hanya menganalisa sebuah kasus. Tugas gubernur adalah lihat potret warganya, lihat target perubahannya, lalu siapkan programnya. Itu yang akan kita rencanakan besok.

Itu yang kita rencanakan, itu yang akan kita kerjakan. Jadi melihat fenomena kemarin, kalau seseorang itu punya pekerjaan yang baik pekerjaannya tetap ada penghasilan rutin kegiatan ekonomi jalan. Sudahlah tidak usah melakukan tindakan-tindakan melawan hukum, rumit. Yang kedua penegakan hukum, tapi penegakan hukum di polisi, bukan di pemda. Ini peristiwa kriminal, ini tindak pidana, maka penegakan hukum. Tapi bagi tugas kami mencegah kalau kejadian begitu, berarti orang ini harus ada pekerjaan tidak perlu melakukan tindakan-tindakan itu.

Hal lain adalah selalu ada di masyarakat kelainan-kelainan yang dimiliki oleh individu-individu tertentu. Karena itu sebagai pengelola Jakarta juga memikirkan treatment-treatment apa yang mesti dilakukan untuk mereka yang mungkin memiliki problem psikologi efek pada keresahan sosial itu dilakukan.

Lebih Dekat dengan Anies Baswedan

Calon Gubernur DKI Anies Baswedan

Selanjutnya...Bagian ikhtiar dan berdoa

TERKAIT
TERPOPULER
TUTUP