TUTUP
TUTUP
WAWANCARA
ANALISIS
Bhinneka Tunggal Ika Jadi Panutan Yordania
Indonesia dan Yordania punya hubungan unik dan khusus. Apa itu?

Apalagi yang bisa Yordania tawarkan untuk turis Indonesia?

Untuk bisa ke Yordania, kami punya paket 3 in 1. Artinya, hanya butuh satu jam untuk ke Mekkah, satu jam ke Madinah, dan satu jam ke Yerusalem. Ini lebih ke wisata religi. Tentu sangat positif untuk turis Indonesia.

Di Yordania, terdapat 27 objek yang berhubungan dengan sejarah Islam, mulai dari makam para nabi seperti Nabi Sulaiman AS, Nabi Harun AS, Nabi Syuaib AS, Nabi Daud AS, Nabi Luth AS, Nabi Nuh AS, sampai sahabat Nabi seperti Jafar Bin Abu Thalib, Bilal bin Rabah, serta lokasi perang Yarmuk.

Bagi umat Kristiani, terdapat juga sejumlah situs bersejarah yang bisa dikunjungi, seperti Baptism Site, Bukit Elijah, sampai peninggalan gereja-gereja tua. Total ada puluhan situs yang bisa menjadi pilihan peziarah dari sejumlah negara.

Kemudian, jika tinggal (stay) dua malam akan dikasih visa bebas. Bisa juga Anda gunakan uangnya untuk Jordan Pass Program, yang membawa Anda ke seluruh tempat bersejarah di Yordania dalam satu tiket.

Bagaimana dengan kulinernya?

Saya jamin semuanya halal. Yordania juga penghasil buah zaitun dan kaya akan rempah-rempah. Untuk kuliner, ada beberapa rekomendasi untuk bisa dicicipi.

Dubes Kerajaan Yordania untuk Indonesia, Walid Abdel Rahman Jaffal Al Hadid.

Konflik Timur Tengah tidak berimbas ke Yordania (VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar).

Sawani, makanan yang bahan pembuatannya dari daging domba yang dipotong kecil. Memasaknya dengan campuran cabai rawit, sehingga rasa cabai rawitnya lumayan kuat. Umumnya sawani disajikan dengan tambahan bahan lain yaitu kentang dan jamur.

Makloubeh, ayam panggang utuh. Makanan ini mempunyai rasa agak manis dikarenakan adanya campuran kismis serta keunikan lain berupa tambahan kacang-kancangan.

Sanklish, merupakan sejenis salad dengan campuran keju fetta serta minyak zaitun, tak lupa daun oregano. Keju fetta merupakan sejenis keju klasik asin yang dapat memberikan citarasa berbeda pada hidangan.

Warag aynab adalah makanan yang merupakan komposisi dari nasi, sayuran, dan daging, berbalut daun anggur. Saya ingin Anda berkunjung ke Yordania dan nikmati pengalamannya.

Strategi Yordania menjaga stabilitas dan keamanan? Seperti kita ketahui, Irak dan Suriah sedang mengalami konflik yang berkepanjangan.

Alhamdulillah, meskipun kita berada di kawasan yang penuh turbulensi dan banyaknya pengungsi, namun kita tetap bisa menikmati suasana yang sangat stabil dan damai.

Isu perang di Irak dan Suriah dengan kelompok ISIS memang cukup mempengaruhi kondisi pariwisata di Yordania. Namun, kami menegaskan kalau Yordania sangat aman untuk dikunjungi.

Sejak lama, Yordania kerap dijadikan lokasi netral untuk penyelesaian konflik di Timur Tengah. Saya ingin membuat semua orang percaya bahwa negara kami sangat aman, dan itu tidak diragukan lagi.

Harapan Anda bagi hubungan kedua negara ke depannya?

Saya berharap hubungan ini semakin kuat di berbagai bidang, tak hanya politik, ekonomi, sosial dan pariwisata. Kedua negara juga tidak pernah ada konflik atau misunderstanding.

Selama ini selalu saling berbagi nilai dan prinsip yang sama dalam pendekatan kebijakan luar negeri. Kita juga meraih yang terbaik bagi agama, kemanusiaan dan kawasan. Inilah yang akan terus dijaga dan tingkatkan.

Saya berharap selalu yang terbaik untuk Indonesia dan Yordania. (ren)

TERKAIT
TERPOPULER
TUTUP